Jilbab Batik, Syar’i dan Trendi

Perkembangan busana muslimah sekarang ini sangat luar biasa. Berbagai merk beredar di pasaran dengan menawarkan berbagai model terbaru. Begitu pun dengan jilbab, mengalami perkembangan sangat pesat. Kesadaran muslimah untuk berhijab, meningkatkan permintaan jilbab di pasaran.

Perkembangan jilbab di tanah air memang sangat luar biasa. Kreasi dan inovasi produsen jilbab seolah tidak pernah mati gaya. Berbagai corak jilbab pun memanjakan muslimah. Saat ini bukan lagi hal yang sulit untuk mencari model jilbab dari yang sederhana sampai dengan yang modis.

Dari sekian banyak model jilbab, ada satu model jilbab yang unik dan menarik. Pertama kali saya melihatnya di beranda FB, seorang teman memakainya. Bahan utama jilbab adalah kain batik dipadu dengan bahan spandek polos. Sekali melihat saja langsung menarik hati. usut punya usut ternyata jilbab batik itu hasil kreasi Shanti Saptaning. Seorang ibu muda yang berdomisili di Yogyakarta. 

Menurut penuturan  Shanti, usahanya dimulai tahun 2011. Pada waktu itu ada seorang teman  memintanya untuk membuat jilbab batik. Ternyata setelah jadi jilbab terlihat unik dan menarik. Sejak saat itu Shanti pun terus berkreasi membuat jilbab batik yang syar’i dan trendi. Sejak memulai usahanya, Shanti menekankan produksinya pada made by order. Ia sengaja tidak membuat jilbab batik secara massal. Sehingga jilbab rancangannya terkesan eksklusif. Hal ini menarik pelanggan untuk terus menggunakan jilbab batik kreasi Shanti. 

Hal unik dilakukan Shanti dalam memasarkan jilbabnya. Hal pertama yang dilakukan adalah memosting kain batik dan spandek di FB. Kemudian Shanti menawarkan kepada teman-temannya. Dalam waktu sekejap kain pun habis dibooking. Baru kemudian Shanti membuat jilbab sesuai pesanan. Walaupun promosi jilbabnya hanya melalui FB dan dari mulut ke mulut, namun pelanggannya tidak pernah sepi. Bahkan seringkali Shanti kewalahan dalam melayani pemesan.

Keunggulan dari jilbab batik ini adalah memenuhi kriteria syariat yaitu bahannya tidak transparan, tidak membentuk tubuh dan menutup aurat dengan rapih. Keunggulan lainnya, pembeli bisa memesan model sesuai keinginan dan harganya relatif terjangkau.