Keluarga Harmonis: Pentingkah Fokus?

Saya selalu teringat kata-kata dari sahabat sekaligus guru saya. “Fokus, Mba, kalau ingin jadi penulis produktif harus fokus.”

Kenapa harus fokus? tanya saya dalam hati. Dari segambreng teori menulis, fokus menjadi hal penting. Saya memilih untuk mengikuti nasihatnya, mencoba untuk fokus menulis buku solo. Saya abaikan lomba-lomba dan audisi antologi, walaupun hadiahnya bikin kelilipan :). Termasuk mengurangi jam tayang di sosmed :).

Setiap datang godaan untuk menulis macam-macam, saya kembali mengingat nasihatnya. Hasilnya? sungguh diluar dugaan. Saya berhasil menyelesaikan menulis satu buku dalam waktu hanya satu bulan. Ya, satu bulan. Sebelumnya saya berpikir untuk menulis satu buku perlu waktu satu tahun, tapi ini satu bulan selesai.

 Sebagai ibu rumah tangga, waktu untuk menulis sangatlah sempit, nyaris tidak punya waktu khusus untuk menulis. Maka, fokus menjadi solusi.  Dengan fokus, aktifitas kita lebih terarah, pekerjaan apapun cepat selesai. Dan sebaliknya, ketika tidak fokus, maka tulisan susah mencapai garis finish. Saya sudah buktikan sendiri. Ketika sedang menulis sebuah tema, kemudian tergoda menulis yang lain, maka dua-duanya tidak selesai :P.

Ketika fokus menulis satu buku atau satu tema berarti pikiran tercurah pada satu tema tersebut tidak memikirkan tema yang lain. Dijamin cepat rampung dan tidak bertele-tele. Seorang teman penulis, ketika sedang menulis satu buku beliau jarang sekali buka FB. Karena katanya FB bisa memecah perhatian dan membuat waktu terbuang percuma. Betapa ketika kita berselancar di FB jalannya waktu tidak terasa. #pijit hidung sendiri.

Ternyata, fokus tidak hanya berlaku pada dunia menulis buku saja, tapi juga ngeblog. Ngurus blog perlu totalitas, harus fokus berarti. Blog yang terawat dengan baik hasilnya akan lebih baik dalam waktu yang tidak terlalu lama. Saya coba buktikan, hanya dalam waktu 3 bulan rank alexa blog turun di bawah 1 juta sekaligus tembus adsense. Saya coba membuat satu blog lagi, baru berusia seminggu, alhamdulillah alexa sudah sekitar 7 juta.  Selama 3 bulan  fokus ngeblog saya tidak menulis buku dan menulis untuk media. Kenapa? karena saya tahu pasti kapasitas saya di bawah orang lain yang bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu yang sama. Saya yakin, banyak orang yang bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu.