Haruskah Terbuka Pada Pasangan

Irma terduduk lesu sepulang dari acara bersama teman-teman suaminya. Di sana ia bertemu dengan Silvi, salah seorang rekan kerja suaminya. Silvi yang cantik dan smart banyak bercerita tentang prestasi kerja suami Irma. Alih-alih senang mendengar prestasi suaminya, Irma justru merasa sesak dada.

Irma merasa suaminya tidak terbuka kepadanya, sehingga Irma tidak tahu apa saja yang dicapai suaminya di tempat kerja. Irma pun kesal merasa dibohongi. Ia merasa, sebagai istri harusnya tahu prestasi yang dicapai suaminya. Tapi, suaminya yang irit bicara jarang bercerita tentang pekerjaannya. Buntutnya, Irma pun marah pada sang suami dan percekcokan pun tidak bisa dihindari.

Setelah akad diikrarkan, maka dua jiwa menjadi satu, hati yang terpisah pun bertaut. Diantara keduanya tidak ada lagi sekat pemisah, satu sama lain bisa saling mengenal dengan sangat dekat. 

Kedekatan antara suami istri, bukan saja kedekatan secara fisik. Melainkan juga harus dibangun kedekatan hati dan pikiran. Sehingga keduanya utuh bagaikan satu tubuh. Apabila sudah terbangun jiwa kebersamaan dan keterbukaan maka keduanya menjadi pasangan yang sulit untuk dipisahkan.

Ketika ada permasalahan, dibahas bersama, dicari jalan keluarnya. Sehingga permasalahan itu terasa lebih ringan. Begitu pun, ketika ada kebahagiaan, berbagi bersama. Suatu kebahagiaan tersendiri, ketika pasangan mau terbuka, berbagi cerita. Keterbukaan ini akan melahirkan rasa sepenanggungan, ketika ada kesulitan ditanggung bersama.

Keterbukaan dalam masalah keuangan sangat dianjurkan. Agar tidak timbul konflik diantara suami istri. Sebagai kepala rumah tangga, sebaiknya suami berterus terang tentang jumlah penghasilannya. Akan lebih baik lagi jika istri diberi kesempatan untuk mengaturnya. Hal ini akan menyebabkan istri merasa dihargai dan meringankan urusan suami.

Keterbukaan sebagai pasangan suami istri, akan mendekatkan satu sama lain. Tidak ada lagi jarak antara keduanya. Sehingga cinta pun akan terjaga dengan baik, bermekaran sepanjang waktu laksana bunga di musim semi.