Manfaat Melatih Anak Berpuasa

Sahabat Ummi tercinta, dalam hitungan hari kita akan kembali berjumpa dengan bulan Ramadhan. Sebagai orangtua tentunya kita berkewajiban untuk mendidik putra-putri kita menjalankan ibadah puasa.

Anak-anak dalam syariat Islam tidak dibebankan dengan kewajiban apapun, termasuk melaksanakan berbagai ibadah. Namun demikian Islam menganjurkan agar anak-anak dilatih untuk melaksanakan ibadah. Hal ini bertujuan agar anak-anak terbiasa melaksanakannya, sehingga ketika mereka memasuki usia baligh dan menanggung berbagai kewajiban, mereka sudah terbiasa untuk melaksanakannya.

Membiasakan anak dengan nilai-nilai agama sejak kecil, akan memudahkannya dalam menjalankan syariat agama ketika dia dewasa. Ada istilah karena dibiasakan menjadi biasa, ketika anak-anak dibiasakan dengan nilai-nilai agama dan beribadah setiap hari maka akan menjadi terbiasa. Maka ketika dia dewasa dan sudah menjadi mukallaf maka tidak sulit baginya untuk menjalankan ibadah dan hidup sesuai norma agama. Sebaliknya apabila seorang anak tidak dibiasakan menjalankan ibadah dan asing dengan nilai-nilai agama, maka ketika dewasa akan sulit untuk menjalankan ibadah.

Apabila seorang anak sudah dibiasakan berpuasa sejak kecil maka ketika sudah menginjak usia balig tidak merasa kesulitan untuk melaksanakannya. Sudah terbiasa menahan lapar dan dahaga di siang hari. Sebaliknya jika tidak dibiasakan sejak kecil maka akan merasa sangat tersiksa. Ujung-ujungnya banyak yang meninggalkan ibadah mulia ini.

Selain itu, melatih anak berpuasa menjadi sarana untuk mendekatkan anak dengan Allah SWT. belajar menjalankan perintah-Nya. Subhanalloh, jika dari kecil merasa dekat dengan Allah, merasa dipelihara dan berada dalam pengawasan-Nya, insya Allah akan timbul jiwa yang tenang. Seorang anak memiliki jiwa yang tenang, akan mudah diarahkan pada hal-hal yang baik sehingga terhindar dari perilaku yang tidak baik.

Melatih anak berpuasa, akan memunculkan jiwa sosial yang tinggi. Peduli dengan sesama, empati dengan fakir miskin. Mengapa? Karena ia sudah merasakan bagaimana rasanya lapar dan haus. Akan lahir juga perasaan penuh syukur atas nikmat rezeki yang sudah Allah limpahkan.

Referensi :

1.      Meti Herawati, S.Pd. Agar Anak Gemar Puasa. Yogyakarta: Azzahra Media. 2012

2.      Yudha Kurniawan, S.P. Character Building. Yogyakarta: Pro-U Media. 2013

3.      Jamal Abdul Hadi. Menuntun Buah Hati Menuju Surga. Yogyakarta: Era Intermedia. 2011

Meti Herawati, lahir di kota kembang. Ibu dari lima orang anak. Hobi menulis sejak kecil. Beberapa karyanya dimuat di beberapa media. Kini karyanya sudah dibukukan dalam buku solo dan antologi. Jika ingin berkenalan lebih jauh silahkan singgah di rumah mayanya metiherawati.com