Memahami Karakter Pasangan

Menurut Florence Littauer dalam bukunya Personality Plus, ada beberapa sifat atau karakter manusia. Memahami karakter manusia, akan membantu dalam menjalin komunikasi yang efektif. Apabila mengenal karakter pasangan Anda, maka lebih mudah untuk membangun komunikasi yang efektif bersamanya.

Florence Littauer membagi karakter manusia menjadi empat, yaitu :

1.      Tipe Koleris

Tipe ini memiliki bakat sebagai pemimpin, senang memberikan intruksi. Kelebihannya adalah setia dan senang bersahabat, memiliki empati yang tinggi, bertanggung jawab dan kreatif. Kekurangannya adalah cenderung berfikir negatif, pendendam yang akut.

Orang dengan ciri koleris dalam melakukan komunikasi tidak suka didebat pendapatnya. Suka menguasai forum dan jarang memberikan kesempatan pada orang lain untuk berbicara. Jika berbeda pendapat jangan pernah mematahkan argumentasinya, cukup dengan mengemukakan pendapat Anda sendiri. Jika memiliki pasangan tipe koleris, lebih banyaklah sebagai pendengar setia.

2.      Tipe Sanguin

Tipe ini memiliki ciri suka humor, supel, easy going, punya rasa ingin tahu yang besar dan selalu mengikuti perkembangan zaman.

Kelebihannya adalah mudah bergaul dengan siapa saja, mudah menarik simpati orang lain. Kekurangannya adalah pelupa, cepat bosan terhadap suatu pekerjaan, egois, tempramen.

Jika memiliki pasangan seperti ini, seringlah memberikan pujian dan penghargaan atas pekerjaan yang sudah dilakukannya. Misalnya memuji masakannya, memuji kepandaiannya menyetir, dan lain sebagainya.

3.      Tipe Melankolis

Orang yang termasuk tipe ini suka menyendiri, tidak suka humor, perasaannya sangat peka.

Kelebihannya, lebih sabar, ulet dalam bekerja. Kekurangannya, kesulitan dalam pergaulan informal dan ragu-ragu dalam mengambil keputusan.

Jika memiliki pasangan tipe ini, berilah dukungan dan semangat ketika di hadapkan pada kondisi dia harus mengambil keputusan. Harus lebih pandai menjaga perasaannya yang halus. Bisa saja orang tipe ini ketika tersinggung tidak akan menunjukan, namun dipendam di hati.

4.      Tipe Plegmatis

Tipe plegmatis senang bergaul, namun lebih senang pasif sebagai pendengar. Dalam pergaulan banyak disukai karena bisa menjadi penengah.

Kelebihannya adalah sabar, bisa menyembunyikan emosi, bijaksana dan dewasa. Kekurangannya adalah kurang antusias terhadap kegiatan baru, tidak bisa memimpin dan sering menghindari tanggung jawab.

Jika pasangan Anda memiliki tipe plegmatis, harus lebih aktif dalam berbicara karena ia suka mendengarkan. Selain itu, mintalah nasihatnya dan ia lebih suka dipimpin daripada memimpin.

Memahami karakter pasangan, sedikit banyak bisa membantu kita dalam bersikap dan berkomunikasi. Dengan demikian komunikasi dapat dijalin dengan baik. Apabila komunikasi lancar, maka hubungan pun menjadi lebih hangat. Kita dan pasangan bisa menikmati masa-masa saling berbagi cerita, bersenda gurau, merangkai mimpi dan asa. Dunia  akan terasa lebih hidup dan ceria.

Memahami tipe pasangan ini berguna dalam menyelesaikan masalah komunikasi dengan pasangan.