Pesiapan Penting Sebelum Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi umat islam. Bulan yang penuh keberkahan, karena di bulan ini diwajibkan berpuasa sebulan penuh. Puasa adalah amalan istimewa yang disukai Allah swt. Ganjarannya akan langsung diberikan di syurga-Nya nanti. Tentang keutamaan bulan Ramadhan ini bisa dilihat pada beberapa Hadits Rasulullah shallalahu ‘alaihi wassalam.

Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, adalah Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam memberi kabar gembira kepada para sahabatnya dengan bersabda :

“ Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya. Pada bulan ini pintu-pintu syurga dibuka, pintu-pintu Neraka ditutup dan para setan diikat. Juga terdapat pada bulan ini malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa tidak memperoleh kebaikannya maka dia tidak memperoleh apa-apa. “ (HR. Ahmad dan An-Nasa’i ).

Dari Ubadah bun Ash-Shamit, bahwa Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“ Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan keberkahan, Allah mengunjungimu pada bulan ini dengan menurunkan rahmat, menghapus dosa-dosa dan mengabulkan do’a. Allah melihat berlomba-lombanya kamu pada bulan ini dan membanggakanmu kepada para malaikat-Nya, maka tunjukkanlah kepada Allah hal-hal yang baik dari dirimu. Karena orang yang sengsara ialah yang tidak mendapatkan rahmat di bulan ini. ( HR. Ath-Thabrani )

Begitu istimewanya bulan suci Ramadhan, sayang kalau dilewatkan begitu saja tanpa makna. Rasullullah shalallahu ‘alaihi wassalam selama bulan Ramadhan lebih meningkatkan amal ibadahnya, demikian juga para sahabatnya. Ramadhan dijadikan sebagai syahrul ibadah (bulan peningkatan ibadah), syahrul tarbiyah (bulan pendidikan), syahrul Qur’an (meningkatkan interaksi dengan Al-Qur’an) . Sehingga ketika Ramadhan berakhir mereka menjadi pribadi yang lebih baik.

Untuk mencapai hasil yang maksimal di bulan Ramadhan maka perlu ada persiapan, yaitu :Persiapan mental

Persiapan mental menjelang Ramadhan sangat diperlukan, suapaya semangat ibadah dari awal Ramadhan sampai akhir Ramadhan tetap terjaga. Di akhir Ramadhan banyak godaan yang mengganggu kekhusyuan beribadah. Tradisi mudik menjadi salah satu penyebabnya, untuk persiapan mental ini bisa dengan cara membaca kembali buku-buku tentang keutamaan puasa dan Ramadhan.Persiapan Ruhiyah

Persiapan ruhiyah sangat penting dalam menyambut bulan suci Ramadhan, supaya Ramadhan diisi dengan semangat ibadah yang menggelora dilandasi keimanan yang kokoh. Persiapan ruhiyah bisa dilakukan dengan cara memperbanyak zikir, membaca Al Qur’an, shaum sunah, memperbanyak berdo’a, dan lain sebagainya.Persiapan Fikriyah

Persiapan fikriyah atau akal dilakukan dengan mendalami ilmu, khususnya ilmu yang terkait dengan ibadah Ramadhan. Banyak orang yang berpuasa tidak menghasilan kecuali lapar dan dahaga. Hal ini dilakukan kerana puasanya tidak dilandasi dengan ilmu yang cukup. Seorang yang beramal tanpa ilmu, maka tidak menghasilkan kecuali kesia-siaan belaka.Persiapan Fisik

Kita tidak bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik jika dalam keadaan sakit. Maka kondisi fisik perlu mendapat perhatian menjelang bulan Ramadhan. Bisa dipersiapkan dengan cara berolah raga dan menjaga makanan seimbang.